LAPORAN KEUANGAN


LAPORAN KEUANGAN
A.      Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

B.      Bentuk dan Format Laporan Laba Rugi
1.       Single step
Dalam bentuk single step, semua pendapatan (Pendapatan Operasional, Pendapatan Lain-Lain) dikelompokkan menjadi satu yaitu di kelompok Pendapatan dan semua beban (Beban Operasional, Beban Lain-Lain) juga dikelompokkan menjadi satu yaitu di kelompok Beban, kelompok pendapatan diletakkan diawal laporan dan dijumlahkan, selanjutnya baru beban yang dijumlahkan, untuk mendapatkan laba/rugi bersih perusahaan maka Pendapatan – Beban.

2.       Multiple Step
Dalam bentuk multiple step, Pendapatan dan Beban tidak dijadikan satu kelompok namun dibedakan berdasarkan Operasional atau Lain-Lain, kelompok Pendapatan Utama (Operasional) diletakkan diawal laporan dan dijumlahkan, selanjutnya Beban Operasional yang dijumlahkan,  dan yang terakhir yaitu Pendapatan Lain-Lain dan Beban Lain-Lain diletakkan di akhir laporan.

3.       Neraca
Neraca adalah salah satu bagian dari laporan keuangan suatu entitas bisnis/ perusahaan yang di dalamnya terdapat informasi mengenai aktiva, kewajiban, serta ekuitas pemegang saham pada akhir periode akuntansi perusahaan tersebut.
Informasi yang didapat dari neraca adalah
1.      Ringkasan dari pengaruh transaksi/kegiatan penanaman modal dan pembiayaannya.
2.      Keterangan secara lengkap mengenai berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan keadaan finansial perusahaan, dalam periode akuntansi yang bersangkutan

4.       Aset, Kewajiban, dan Ekuitas
1.      Aktiva (Aset)
Aktiva atau aset adalah kekayaan yang dimiliki oleh suatu entitas bisnis yang diharapkan memberikan manfaat usaha di masa depan
2.      Pasiva (Liability)
Pasiva adalah kewajiban pembayaran yang harus dilakukan oleh suatu entitas bisnis kepada pihak lain, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. 
3.      Modal (Equity)
Modal adalah uang atau barang yang dipakai sebagai dasar untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam hal ini modal dalam neraca saldo dari modal akhir sebuah perusahaan dalam satu periode akuntansi. Dengan kata lain, modal merupakan seilih nilai asset dikurangi dengan liabilitas


5.        Laporan Arus Kas
Laporan arus kas adalah sebuah laporan yang menunjukkan perincian dari arus kas masuk (penerimaan) dan keluar (pengeluaran) suatu perusahaan pada suatu periode tertentu.
Laporan arus kas, baik untuk perusahaan barang ataupun jasa, mempunyai klasifikasi yang dibagi menjadi 3 jenis aktivitas, yaitu:
1.      Arus kas operasional adalah arus kas yang terkait dengan operasional perusahaan pada masa periode tertentu.
2.      Arus kas pembiayaan adalah arus kas yang terkait dengan aktivitas pembiayaan perusahaan (pengurangan dan penambahan modal) pada masa periode tertentu.
3.      Arus kas investasi adalah arus kas masuk dan keluar yang terkait dengan aktivitas investasi perusahaan pada periode tertentu.
Dalam penyusunan laporan arus kas terdapat dua metode yaitu :
1.      Metode langsung (direct method) menunjukan kas yang ditrima dan dikeluarkan dari aktivitas operasi.
2.      Metode tidak langsung ( indirect method) menyesuaikan niali laba neto untuk item -item yang tidak mempengaruhi kas.

Comments