MENGATASI GANGGUAN TERHADAP PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA




Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah. Arti lebih luasnya yaitu berkumpulnya macam-macam corak dari berbagai kalangan,ras,budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi. Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh.  Maka dari itu persatuan dan kesatuan sangat erat hubungannya.

Selain menerapkan sikap persatuan dan kesatuan, sebagai warga negara yang baik kita perlu mengetahui bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia begitu luas. Kebudayaan yang ada di dalamnya juga majemuk. Untuk itu kita sebagai warga negara wajib mewaspadai  faktor penghambat dalam mempererat persatuan dan kesatuan. Beberapa faktor tersebut antara lain, yaitu :
     - Masyarakat Indonesia yang beraneka ragam (heterogen)
     - Kurangnya kesadaran akan gangguan dari luar
     - Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan yang merongrong NKRI
     - Ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan
     - Paham Etnosentrisme

Cara Mengatasi Adanya Gangguan Pada Persatuan dan Kesatuan Bangsa
1. Menanamkan Sikap Semangat Persatuan dan Kesatuan dalam Berbagai Kehidupan
Ungkapan “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh” adalah suatu ungkapan yang menyatakan betapa besarnya arti persatuan dan kesatuan tersebut. Apabila bersatu padu, kita tidak hanya teguh dalam arti lebih kuat dalam menghadapi permasalahan juga mampu menyelesaikan persoalan yang tidak dapat kita selesaikan sendiri.

2. Menghindari Perilaku Merusak Semangat Persatuan dan Kesatuan
Ancaman yang seringkali muncul dikarenakan banyaknya peluang berperilaku tercela yang dapat merusak pelaksanaan pembangunan nasional. Adapun beberapa ancaman yang seringkali tampak dalam berbagai kehidupan, di antaranya:
a.       Kemiskinan
b.      Apatisme dan Ketidakpedulian Sosial
c.       Keterbelakangan
d.      Korupsi dan Kolusi
e.      Dekadensi Moral

3. Partisipasi Kewarganegaraan sebagai Pencerminan Komitmen terhadap Keutuhan Nasional
Dalam kehidupan masyarakat, persatuan dan kesatuan sangat diperlukan. Masyarakat yang bersatu akan melahirkan kehidupan masyarakat yang rukun dan harmonis. Meskipun masyarakat terdiri atas orang-orang yang beragam, dalam masyarakat kita menjadi bagian keluarga besar yang memiliki semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam hidup bermasyarakat.
     a. Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan Wilayah Indonesia
     b. Meningkatkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika
     c. Mengembangkan Semangat Kekeluargaan
     d. Menghindari SARA

Comments