KRITERIA PEMIMPIN IDEAL


Pemimpin adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab lebih dalam memimpin suatu kelompok atau organisasi dalam mencapai suatu tujuan. Menjadi seorang pemimpin adalah impian banyak orang. Setiap orang pun sejatinya mampu untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Sayangnya, tidak semua orang yang benar-benar bisa menjadi pemimpin, karena banyak hal yang harus dikuasai untuk menjadi pemimpin yang baik dan ideal.


Pemimpin itu bukan boss yang seenaknya menyuruh para bawahannya, melainkan seseorang yang bisa mengajak orang lain untuk berjalan menuju visi dan misi yang sama tanpa membuat orang yang di pimpinnya merasa diberatkan. Untuk menjadi pemimpin yang ideal itu memang tidak mudah, tapi bisa dilakukan dengan cara belajar dari berbagai macam pengalaman. Dibawah ini adalah beberapa kriteria kepemimpinan yang harus kita ketahui, diantaranya adalah:
  • Punya Manajemen yang Baik untuk Diri Sendiri Terlebih Dahulu
Kriteria pertama adalah Anda harus bisa mengatur diri sendiri dengan baik. Sebelum bisa memimpin orang lain, tentunya Anda harus bisa memimpin diri Anda sendiri terlebih dahulu. Jika untuk memimpin diri sendiri saja sudah gagal, bagaimana memimpin dan mengatur orang lain? Aturlah berbagai aspek fundamental dalam diri Anda, mulai dari waktu, perhatian, hingga emosi diri. Dengan begitu, timbul harmoni dalam diri Anda, yang mana tentunya akan sangat berdampak positif bagi upaya untuk sampai di predikat ‘pemimpin ideal’. Intinya, Anda harus bisa mengontrol dan disiplin terhadap semua tindakan yang dilakukan, disamping itu Anda harus menjauhi yang namanya sifat kaku dan tidak fleksibel karena itu akan menyusahkan Anda.
  • Punya Strategi dalam Bertindak
Baik atau buruknya langkah Anda dan tim Anda ke depannya bergantung pada decision yang Anda ambil. Oleh karena itu, seorang pemimpin ideal haruslah cerdas dalam menentukan strategi terbaik yang nantinya mampu memberikan hasil sesuai ekspektasi. Jangan pernah terburu-buru dalam mengambil suatu keputusan karena biasanya hal tersebut malah merugikan Anda dan tim nantinya.
  • Mampu Berkomunikasi dengan Baik dan Efektif
Kita semua setuju bahwa komunikasi itu peranannya sangat penting di seluruh aspek kehidupan. Seorang pemimpin yang baik, tentunya menyadari akan pentingnya komunikasi. Dan bukan hanya soal komunikasi itu sendiri, namun ia juga tahu bagaimaa menciptakan suatu pola komunikasi yang efektif. Artinya, kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Saat tengah mengadakan rapat dengan tim di kantor misalnya, Anda tentu saja harus bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan rencana Anda pada saat itu dengan singkat, padat, dan jelas sehingga tidak akan terjadi yang namanya miss-communication.
  • Tidak Lepas Tangan, Tapi Bisa Bertanggung Jawab
Namanya seorang leader, tentunya Anda akan memikul tugas dan tanggung jawab yang berat jika ingin berhasil. Oleh karenanya, apapun yang akan terjadi di depan nanti, dengan segala risiko, jadilah pemimpin yang berani untuk bertanggung jawab. Jangan sampai Anda lepas tangan yang artinya melepaskan hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab Anda. Jika demikian, tentu menjadi seorang pemimpin yang baik dan sukses hanyalah isapan jempol belaka.
  • Punya Tujuan yang Jelas dan Konsisten untuk Mencapainya
Sebuah kesalahan besar jika Anda berpikir untuk melangkah tanpa memiliki tujuan yang jelas. Memiliki tujuan  yang jelas di awal akan membuat Anda selalu fokus dan berusaha untuk mencari penyelesaian manakala sedang terjebak di suatu masalah yang menghambat. Demikian juga ketika di tengah perjalanan, ada sapuan ‘angin’ yang membuat Anda sedikit goyah, dengan menerapkan pola pikir seperti ini, maka Anda telah memenuhi kriteria seorang pemimpin yang ideal.
  • Membina Kreativitas dan Inovasi
Pemimpin harus berani melakukan eksperimen dan mendorong kreativitas. Melakukan hal ini akan menumbuhkan inovasi yang akan mengarahkan organisasi Anda ke tujuan baru di tengah perubahan yang dinamis dan tak terkontrol. Kuncinya adalah untuk selalu gigih dalam mengejar tujuan Anda, dan berpikiran terbuka serta fleksibel dalam cara Anda untuk mencapai tujuan besar.

Jadi, menurut saya seorang pemimpin yang ideal haruslah bersih dalam artian bersih disini adalah tidak terjerat kasus hukum atau kasus yang bisa meredupkan karirnya. Kedua, transparan artinya seorang pemimpin haruslah jujur. Dan yang terakhir adalah profesional, artinya seorang pemimpin harus bisa profesional dalam mengerjakan suatu pekerjaan dan harus bisa memisahkan mana yang masalah pribadi dan masalah diluar pribadi. Dan tentunya seorang pemimpin yang ideal harus memiliki rasa toleransi yang tinggi dan tidak membeda-bedakan suka, agama, dan ras.

Comments